Minggu, 08 Januari 2012

Akuntansi dan Laporan Keuangan

Pengertian dan Definisi Akuntansi
Akuntansi berasal dari kata asing accounting yang artinya bila diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia adalah menghitung atau mempertanggungjawabkan. Akuntansi digunakan di hampir seluruh kegiatan bisnis di seluruh dunia untuk mengambil keputusan sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.
Fungsi Akuntansi
·         Kemampuan manejemen perusahaan dalam pengambilan keputusan
·         Untuk mendapatkan informasi keuangan perusahaan
Pihak yang berkepentingan dengan akuntansi
1.       Manajer
2.       Investor
3.       Otoritas pajak
4.       pengambil kebijakan
5.       Pemegang saham
6.       Kreditur
7.       Pemilik
Prinsip-prinsip akuntansi
lebih merupakan suatu pedoman bertindak dan bisa berubah dari waktu ke waktu. Suatu prinsip bisa saja dihapuskan dan diganti dengan yang baru untuk menyesuaikan dengan perkembangan perekonomian atau praktik-praktik yang berlaku.
Laporan keuangan adalah media yang menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan bank yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi

Isi laporan keuangan :
1.       Neraca
2.       Laporan Laba/rugi
3.       Laporan perubahan modal
4.       Arus kas
Bentuk Neraca, yaitu: 
1.Bentukskontro 
Neraca disusun menjadi dua sisi sebelah-menyebelah, sisi kiri (debit) untuk mencatat harta perusahaan dan sisi kanan (kredit) untuk mencatat utang dan modal perusahaan. 

2.Bentukstaffel 
Neraca disusun dari atas kebawah secara berurutan mulai dari harta kemudian diikuti utang dan modal.

Bentuk laporan laba/rugi, yaitu: 
1. Bentuk Single Step atau Langsung
Semua pendapatan dikelompokkan tersendiri di bagian atas dan dijumlahkan, kemudian semua beban dikelompokkan tersendiri di bagian bawah dan dijumlahkan. Jumlah pendapatan dikurangi jumlah beban, selisihnya merupakan laba bersih atau rugi bersih. 

2. Bentuk Multiple Step atauTidakLangsung 
Pendapatan dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha, demikian juga beban dibedakan menjadi beban usaha usaha dan beban di luar usaha. Pendapatan dan beban usaha disajikan pertama, pendapatan dan beban di luar usaha disajikan.


Tujuan laporan keuangan
·         menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan bank yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai dalam pengambilan keputusan ekonomi
·         menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen (stewardship) atau pertanggung jawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar